Sabtu, 24 Desember 2011

Tahun Ini Emas Gagal Tembus US$2.000/Troy Ons

INILAH.COM, New York - Tren penurunan harga di akhir tahun gagal membawa emas menembus level US$2.000 per troy ons pada tahun ini. Meskipun tahun depan mash berpotensi membaik.

Harga emas mencapai rekor tertinggi tahun ini berada di level US$1.923,70 per troy ons pada 6 September 2011 atau menguat 13% secara year to date. Padahal pada awal tahun ini, banyak analis yang memprediksikan harga emas akan mencapai US$2.000 per troy ons. Demikian mengutip marketwatch.com.

Namun pada perkembangan terakhir, bursa saham global cenderung tertekan dan investor cenderung mendukung kenaikan dolar AS sebagai aset safe haven. Sementara emas gagal mencai dukungan karena investor lebih sering melakukan aksi jual untuk mendapatkan dana tunai.

"Emas harus menghadapi headwins sendiri, tetapi bukan karena menurunnya faktor fundamental. Tetapi karena seiring krisis keuangan di bank Eropa maka investor juga mengalamu kekurangan dana tunai. "Emas sering membutuhkan likuiditas untuk menutupi kekurangan dana di bursa saham," kata Julian Phillips, analis soal emas.

kalau ada peristiwa bencana besar secara global maka harga emas dapat menembus level US$2.000 per troy ons. Level tersebut pada tahun 2012 masih sebagai level spikologis. Kalau tidak tertembus maka akan dilanjutkan pada 2013.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar