Selasa, 26 Maret 2013

SERIAL CATATAN HARIAN HASAN TIRO



http://1.bp.blogspot.com/-EjRni1UCkYU/TykZ7FAMv3I/AAAAAAAAAl8/3h-7LZBye6A/s400/MeunaSAH---HASAN+TIRO.png
Screen capture thread index milis MeunaSAH
dari website http://www.minihub.org

Artikel berikut ini merupakan terjemahan dari buku diary Dr. Muhammad Hasan Di Tiro yang ditulis oleh Beliau saat memulai pemberontakannya dulu. Buku yang aslinya dalam bahasa Inggris berjudul "The Price of Freedom: The Unfinished Diary of Tengku Hasan Di Tiro" ini diterjemahkan secara anonim dan disebarkan melalui mailing list pada tahun 1999. Pada era tersebut, ramai pejuang dan simpatisan Aceh Merdeka (ASNLF) yang memanfaatkan internet untuk mengkampanyekan perjuangan mereka.

Kami menerbitkannya secara berseri seperti apa yang pernah disiarkan di milis "MeunaSAH" itu. Kami tidak mengetahui secara pasti jika ada seri ke-4 yang beredar. Karena pada seri ke-3 masih terdapat kata "bersambung" yang kami tidak bisa menjejaki keberadaannya sekarang ini.

Berikut catatan "moderator" milis.
BANDA ACEH (MeunaSAH, 16/3/99). Tengku Hasan Muhammad di Tiro (70) atau dikenal dengan Hasan Tiro, tokoh prokemerdekaan Aceh ternyata penulis catatan harian yang baik. Itu bisa dibaca dalam karyanya "The Price of Freedom: The Unfinished Diary". Harian Serambi Indonesia yang terbit di Banda Aceh, menukil buku yang berkisah tentang perjalanan Hasan Tiro ketika pulang ke Aceh 23 tahun lalu. Setelah kepulangannya itu ia menulis: "Catatan Harian yang belum Selesai" itu.

Silahkan Anda membuat catatan Anda sendiri setelah membaca artikel berikut:
  1. HASAN TIRO: CATATAN HARIAN YANG TAK SELESAI (1)
  2. HASAN TIRO: CATATAN HARIAN YANG TAK SELESAI (2)
  3. HASAN TIRO: CATATAN HARIAN YANG TAK SELESAI (3)



Bibliografi

Release Date: Norsborg, Sweden : 1984
Genre: Autobiography
About: The Diary of Tengku Hasan Di Tiro for Aceh Struggle 1976
Description:
The Price of Freedom : The Unfinished Diary of Tengku Hasan Di Tiro, it is literally a diary of his daily activities from September 4, 1976 to March 29, 1979 and covers the period of formation and organization of the National Liberation Front of Acheh Sumatra (NLFAS).
Publisher: Information Department - National Liberation Front Acheh Sumatra
http://2.bp.blogspot.com/--yOlS6WZUCc/TykZJUe10DI/AAAAAAAAAls/iAv7o6-0pbI/s640/BOOK+-+THE+PRICE+OF+FREEDOM.png

Tidak ada komentar:

Posting Komentar